Langsung ke konten utama

Editor VI di Linux


 Pretest

1. Jelaskan pengertian dan fungsi Editor Teks Vi di linux !!

2. Jelaskan 2 modus operasi yang terdapat pada Editor Teks Vi !!!

3. Sebutkan perintah dasar dan perintah dalam modus instruksi pada editor teks Vi !!

4. Berikan contoh editor teks lain yang sering digunakan selain editor teks Vi !!

Jawaban :
1. Pengertian Editor VI
Editor VI merupakan editor berbasis text yang banyak digunakan pemakai UNIX. Pemakai dapat mengedit text dan menggerakkan kursor ke bagian layar yang ingin diedit. Hampir semua distro memiliki dukungan pada editor ini. VI merupakan editor Linux yang berbasis text mode,artinya semua skrip atau naskah yang ada dapat di tulis pada halaman editor vi.

Fungsi Editor VI adalah :
• Memasukkan dan menghapus teks
• Membaca dan menulis file -file
• Mencari teks
• Menyalin dan memindahkan teks

2. Dua mode pada Editor VI
a) Command mode (mode perintah) : Modus perintah dapat digunakan untuk memasukkan perintah-perintah untuk memanipulasi teks dan file. Perintah-perintah ini biasanya terdiri dari satu atau dua buah karakter.

b) Insert mode (mode penyisipan) : digunakan untuk melakukan pengetikan teks.
Pada saat pertama kita memulai editor VI, kita langsung berada pada mode perintah. Perintah untuk memasuki mode penyisipan adalah ketik huruf i. Bila kita menekan tombol [Escape], maka kita akan kembali ke mode perintah. Sedangkan penekanan [Escape] pada mode perintah tidak akan mangakibatkan kita keluar dari mode perintah.

3. Perintah dasar dan perintah dalam modus instruksi pada editor teks VI
Berikut ini adalah beberapa perintah dasar yang dapat digunakan :
ESC
Untuk mengaktifkan mode perintah utama, menonaktifkan semua mode perintah sebelumnya
i
Untuk mengedit file
a
Untuk mengedit file
/
diikuti dengan memasukkan kata yang hendak dicari, digunakan untuk mencari kata atau kalimat. Untuk mencari berikutnya gunakan tombol N
dd
Untuk menghapus 1 baris
Xdd
Untuk menghapus sejumlah X baris, contoh :
5dd (menghapus 5 baris)
3dd (menghapus 3 baris)
yy
Untuk menyalin(copy) 1 baris
Xdd
Untuk menyalin X baris, contoh :
7yy (menyalin 7 baris)
5yy (menyalin 5 baris)
p
Untuk mempaste baris file yang sudah disalin
w
Untuk menyimpan file
q
Untuk keluar dari vi tanpa menyimpan file
q!
Jika file sudah diedit, maka gunakan perintah ini untuk keluar dari vi tanpa menyimpan file tersebut
wq
Untuk menyimpan file, kemudian keluar dari vi
x
Untuk menyimpan file, kemudian keluar dari vi

Menggerakkan Kursor:
h      Menggerakkan kursor ke kiri
j       Menggerakkan kursor ke bawah
k      Menggerakkan kursor ke atas
l       : Menggerakkan kursor ke kanan
w     : Menggerakkan kursor ke kata berikutnya
W    : Menggerakkan kursor ke pembatas kosong kata berikutnya
b      : Menggerakkan kursor ke ke awal kata
B      : Menggerakkan kursor ke ke awal pembatas kosong kata
e       : Menggerakkan kursor ke akhir kata
E      : Menggerakkan kursor ke akhir pembatas kosong kata
(        : Menggerakkan kursor ke kalimat sebelumnya
)        : Menggerakkan kursor ke kalimat berikutnya
{        : Menggerakkan kursor keke paragraf sebelumnya
}        : Menggerakkan kursor ke paragraf berikutnya
0        : Menggerakkan kursor ke awal baris
$        : Menggerakkan kursor ke akhir baris
1G     : Menggerakkan kursor ke baris pertama dari isi file
G       : Menggerakkan kursor ke baris terakhir dari isi file
nG     : Menggerakkan kursor ke baris ke-n dari isi file
:n       : Menggerakkan kursor ke baris ke-n dari isi file
fc       : Menggerakkan kursor ke huruf c terdekat selanjutnya (huruf c dapat diganti oleh huruf apa saja yang pengin dicari)
Fc      : Menggerakkan kursor ke huruf c terdekat berikutnya (huruf c dapat diganti oleh huruf apa saja yang ingin dicari)
H        : Menggerakkan kursor ke atas tampilan layar
M        : Menggerakkan kursor ke tengah tampilan layar
L         : Menggerakkan kursor ke bawah tampilan layar

Menghapus Teks:
x          : Hapus sebuah karakter pada posisi kursor
X         : Hapus sebuah karakter di sebelah kiri kursor
D         : Hapus seluruh karakter dari posisi kursor sampai akhir baris
dd        : Hapus satu baris pada kursor
:d         : Hapus satu baris pada kursor

4. Contoh editor teks
    1. Nano
    2. Emacs
    3. Acme
    4. ActiveState Komodo
    5. jEdit

Praktek pengaplikasian VI :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi dan Grafik Fungsi

Pengertian Relasi berarti hubungan antara (domain) daerah asal dan (kodomain) daerah kawan, sedangkan fungsi adalah hubungan yang memasangkan anggota daerah asal dengan tepat satu anggota daerah lawan dengan aturan khusus. Berikut adalah bentuk diagram suatu fungsi tertentu: Dari gambar di atas dapat kita tahu bahwa diagram tersebut merupakan diagram relasi dan fungsi dari dua buah himpunan yaitu A = {a 1 , a 2 , a 3 , a 4 } dan B = {b 1 , b 2 , b 3 , b 4 }. Grafik fungsi Selain dibuat diagram seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebuah fungsi dapat diperlihatkan menggunakan grafik tertentu. Grafik fungsi sendiri adalah sebuah representasi visual atau penggambaran dari sebuah fungsi pada diagram x-y. Grafik fungsi dapat berfungsi sebagai alat yang membantu untuk memudahkan seseorang dalam memahami suatu fungsi. Untuk menggambar sebuah grafik fungsi, cara termudah adalah memasukkan nilai x (daerah asal) pada f(x) atau y (daerah kawannya). Grafik Fungsi Kuad

Interaksi Manusia & Komputer - Kebergunaan

Hallo! Hai teman teman kembali lagi dengan kami, Kelompok 1 yang beranggotakan : Brylian   Pratama  (201931034) Muh . Adrian  Saputra  (201931035) Raihan Faiz (201931213) Praylin   Simarmata  (201931214) Siti  Aisyah   Ramadhana  (201931215) Seperti yang sebelumnya kami ingin menyajikan resume kami tentang kajian materi di bawah ini : Jangan lupa ditonton ya!! Langsung saja kita mulai..... Kebergunaan Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian Kebergunaan  ( bahasa Inggris :  usability ) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan  manusia  untuk menggunakan suatu  alat  atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Kebergunaan juga dapat merujuk pada metode pengukuran kebergunaan dan kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek. Dalam  interaksi manusia komputer  dan  ilmu komputer , kebergunaan biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu  program komputer  atau 

Limit Bilangan Euler

Pengertian Bilangan Euler ( e ) adalah bilangan irasional yang bernilai 2,718281828… (dan seterusnya). Bilangan ini dinamakan bilangan Euler sebagai penghargaan kepada ahli matematika Swiss yang menemukannya, Leonhard Euler. Kita akan melihat kilas balik sejarah bilangan Euler dan mengapa bilangan ini sangat penting dalam matematika. Dalam matematika, bilangan atau konstanta yang terkenal biasanya terkait dengan geometri atau tata ruang. Sebagai contoh, bilangan π berasal dari rasio keliling dan diameter lingkaran (π = keliling/diameter). Namun, tidak demikian dengan bilangan Euler ( e ). Bilangan Euler tidak berdasarkan kepada bentuk atau geometri, tetapi berdasarkan laju perubahan. Hal lain yang menarik dari bilangan  e  adalah bila kita menggambar kurva  y  =  e x , nilai luas di bawah kurva pada rentang  x   = -∞ hingga  x  =  x 1 akan bernilai  e x 1 . Perhatikan gambar, kita misalkan  x 1 = 1, maka luasan di bawah kurva berwarna merah muda bernilai  e . Selain itu, gradi